Setiap penjualan pasti memerlukan metode yang bisa membantu peningkatan pendapatan. Hal ini bisa ditempuh dengan melakukan proses canvassing. Sudah terbukti mampu mengatasi masalah penjualan dan memberikan hasil yang lebih maksimal.

Pengertian Proses Canvassing dalam Pengembangan Bisnis atau Penjualan

Mungkin sebagian dari anda belum memahami apa itu canvassing? Nah, canvassing merupakan salah satu aktivitas penjualan untuk melakukan kontak langsung atau menjalin komunikasi dengan pelanggan beserta calon pelanggan. Biasanya canvassing dilakukan tanpa mengatur janji terlebih dahulu.

Dengan menggunakan canvassing, maka akan terjalin hubungan untuk penawaran, distributor, mencari pesanan atas produk atau jasa yang dijual. Selain itu, juga menyampaikan dan mengumpulkan informasi tertentu. Baik dari para pengecer hingga konsumen.

Komunikasi yang dijalin bisa melalui telepon, email, ataupun melakukan kunjungan langsung ke tempat pelanggan. Sehingga proses penawaran bisa dilakukan dengan maksimal. Mengingat tingkat kepercayaan dari pelanggan dan calon pelanggan akan berjalan dengan baik.

Biasanya sale canvassing akan menawarkan produk berupa roda empat. Mengingat bahwa kendaraan yang digunakan memiliki kualitas terbaik dan bisa menjangkau daerah yang jauh. Sales akan menawarkan produk ke daerah yang cukup jauh dari perkotaan. Penawaran ini terdiri dari dua orang yaitu driver dan sales.

Harga Penjualan Sales Canvassing

Proses canvassing menawarkan harga yang lebih rendah kepada calon pelanggan. Hal ini akan menarik banyak orang untuk membeli barang yang sedang ditawarkan. Sehingga proses penjualan akan berjalan dengan lancar.

Di dalam canvassing dikenal dua istilah biaya, yaitu marginal dan biaya rata-rata. Jumlah barang yang dibawa oleh sales canvassing lebih banyak sehingga bisa ditawarkan dengan harga yang lebih efisien. Mengingat bahwa biaya pengangkutan barangnya menjadi lebih sedikit.

Sales canvassing biasanya ditargetkan untuk toko kelontong atau minimarket. Sehingga tujuan pemasaran dengan canvassing harus memiliki bekal pemahaman terhadap siapa saya yang memungkinkan untuk membeli produk tersebut.

Kelebihan Menggunakan Canvassing

Jika proses canvassing dilakukan dengan baik, maka bisa memberikan berbagai keuntungan bagi mereka. Hal ini akan memberikan dampak positif pada penjualan. Berikut adalah kelebihan yang diberikan jika menggunakan canvassing:

Mempercepat Penetrasi Produk Menuju ke Pasar

Penjualan secara langsung tidak akan membuang waktu karena proses pemindahan barang dan segala administrasi. Bisa dari gudang produsen ke gudang distributor. Cocok diterapkan pada perusahaan berskala kecil dan sedang.

Nantinya bisnis akan beroperasi pada satu kota dalam satu provinsi atau wilayah tertentu. Produsen juga menempatkan canvasser di tempat distributor. Biasanya khusus yang tidak terjangkau oleh tim penjualan distributor.

Mendatangkan Prospek yang Tinggi

Jika proses canvassing dilakukan sesuai dengan target yang tepat, maka bisa jadi mendatangkan prospek yang tinggi. Dengan melakukan komunikasi langsung maka akan berpotensi menarik pelanggan yang banyak. Dengan begitu, bisa mengarahkan pembeli secara lebih detail.

Namun, sales harus berbekal pengetahuan lebih agar bisa mendatangkan banyak konsumen. Metode penyampaian yang digunakan sebaiknya sesuai dengan prosedur. Bahkan diusahakan untuk tidak bertele-tele dalam menyampaikan pesan.

Harapannya konsumen bisa menerima semua tawaran yang disampaikan oleh sales. Sehingga mereka akan tertarik dan langsung memutuskan untuk membelinya. Namun, proses pemasaran harus dilakukan dengan perlahan dan bertahap.

Distribusi yang Berjalan Rata

Proses canvassing dilakukan untuk mengembangkan bisnis yang berbasis B2B. Dalam hal ini, distributor akan merasa cukup memperoleh keuntungan. Walaupun perolehan tersebut hanya berasal dari sumber atau pembeli yang sedikit.

Canvasser akan mendistribusikan produk ke seluruh wilayah dengan merata. Hal ini akan dilakukan dengan prosedur yang sesuai dengan prosesnya. Pemerataan distribusi akan memberikan dampak yang baik pada penjualan.

Secara otomatis mereka yang belum memutuskan pembelian akan mendapatkan informasi terkait dengan bisnis yang ditawarkan. Lain waktu mereka yang sudah mengetahui informasi tersebut pasti akan meminang produk yang ditawarkan. Sehingga bisa langsung mendatangi lokasi bisnis yang terpusat.

Memberikan Umpan Balik yang Akurat

Dalam menjalankan proses canvassing, tim harus melakukan pendataan terkait dengan suatu wilayah. Hal ini harus dilakukan dengan detail dan menyeluruh. Mulai dari data ukuran toko atau tempat bisnis, alamat lengkap, dan data konsumen lainnya.

Agar semuanya bisa berjalan dengan lancer, maka sales agar memberikan ruang kepada konsumen untuk menyumbangkan komentar atau masukan. Tentu saja semua hal yang disampaikan terkait dengan produk atau layanan yang sudah digunakan.

Nantinya semua hasil pendataan disampaikan ke produsen secara langsung. Hal ini akan lebih akurat daripada harus dengan perantara. Hasilnya nanti akan diolah sedemikian rupa sehingga memenuhi kebutuhan konsumen.

Bisa dipastikan bahwa langkah ini akan lebih akurat jika dibandingkan dengan menggunakan data atau informasi lainnya. Mengingat proses ini dilakukan secara mandiri dan mengetahui kondisi yang sebenarnya. Gunakan proses canvassing yang tepat agar penjualan semakin meningkat. Selain itu, kombinasikan dengan berbagai langkah penting lainnya agar penjualan lebih mendatangkan keuntungan. Sehingga bisnis akan lebih terstruktur dan meningkatkan profit. Bisnis yang dijalankan juga akan semakin menguntungkan dengan memanfaatkan software akunting TallyPrime.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *