Setiap pelaku usaha sudah pasti wajib memperhatikan banyak hal supaya bisnis yang mereka jalani bisa berkembang dengan pesat dan tepat. Maka dari itu, tips mengelola keuangan bisnis secara efisien sangat penting untuk diketahui oleh para kalangan pelaku usaha baik yang sudah berpengalaman maupun yang masih pemula.

Karena keuangan merupakan salah satu elemen penting yang harus diperhatikan oleh para pelaku usaha, maka pengelolaan keuangan berperan penting dalam menentukan perkembangan suatu bisnis. Ketika keuangan dikelola dengan baik dan tepat, kondisi keuangan pun akan dapat dipantau dengan jelas, sehingga hasilnya keputusan dalam menentukan langkah bisnis ke depannya akan bisa lebih terarah lagi.

Tips mengelola keuangan bisnis secara efisien

Agar finansial atau keuangan yang dimiliki di dalam sebuah bisnis dapat berjalan secara lancar, tiap-tiap pelaku usaha diwajibkan untuk mengerti mengenai cara mengelola keuangan usaha secara tepat, teliti, dan baik. Sebab, banyak sekali kesalahan yang bersifat fatal yang mampu membuat sebuah usaha atau bisnis gagal untuk berkembang.

Maka dari itu, mari kita memahami beberapa tips di bawah ini yang bisa digunakan untuk mengelola keuangan bisnis secara efisien:

1. Pelajari dan praktekkan pembukuan keuangan dengan baik
Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengelola keuangan bisnis secara efisien adalah dengan memahami pembukuan untuk membuat laporan keuangan serta mengetahui cara pencatatan keuangan dengan benar. Pada proses akuntansi dan pembukuan, sebuah perusahaan setidaknya akan memiliki laporan arus kas, buku kas masuk dan keluar, buku jurnal transaksi, dan laporan laba rugi. Pembukuan keuangan dapat memberikan gambaran secara jelas mengenai kondisi keuangan bisnis. Oleh karena itulah mengapa mempelajari dan mempraktekkan pembukuan keuangan dengan baik merupakan langkah yang paling awal untuk mengelola keuangan bisnis secara efisien.
2. Buat anggaran secara berkala
Seorang pengusaha wajib memahami dasar-dasar penganggaran sebelum membuat sebuah anggaran bisnis. Sebab, dasar-dasar penganggaran merupakan kunci dalam mengelola keuangan agar anggaran yang dibuat dapat seimbang. Penganggaran memiliki 3 unsur dasar yang wajib diperhitungkan, yaitu pendapatan, pengeluaran, dan laba. Dalam memperkirakan pendapatan, sang pelaku usaha wajib melakukan riset pada berbagai aspek yang ada, seperti riset kondisi pasar, potensi penjualan, sampai siapa yang kemungkinan besar akan menjadi kompetitornya.
3. Perhatikan aset, modal, dan utang-piutang dengan baik
Patokan berapa modal yang sebenarnya dimiliki suatu perusahaan tidak selalu dari banyaknya saldo kas. Pasalnya, di dalam saldo kas bisa terdapat dana pinjaman yang tentu pada waktunya harus dikembalikan. Jadi, hal ini perlu diperhatikan dengan baik dalam pengambilan keputusan. Selain itu, usahakan selalu membayar hutang perusahaan seperti yang telah diagendakan supaya arus kas akan tetap stabil.
4. Pisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis
Tentu untuk mengelola keuangan dengan baik, penting untuk mengetahui mana uang yang bersifat pribadi dan mana uang yang bersifat bisnis. Pemisahan keuangan pribadi dan keuangan bisnis perlu dikontrol dengan baik guna menghindari terjadinya kesalahan yang fatal. Selain itu, dana bisnis yang secara tidak terduga harus digunakan sebagai keperluan pribadi secara sementara, wajib dicatat sebagai hutang dalam pembukuan keuangan perusahaan. Hal ini perlu dilakukan supaya laporan keuangan menjadi wajar.
5. Gunakan software accounting
Saat ini fenomena software accounting sudah semakin banyak bermunculan dan masing-masing dari software accounting tersebut memiliki fitur-fiturnya tersendiri yang menjadi ciri khasnya masing-masing. Penggunaan software jenis ini tentu seiring dengan perkembangan jaman yang semakin kesini semakin canggih dan serba digital, jadi tidak mengherankan. Fitur yang paling dasar yang biasanya dimiliki oleh suatu software accounting adalah fitur pencatatan pembukuan dan pengelolaan stok. Jadi, jika ada dari salah satu pembaca yang merupakan salah satu pelaku usaha yang sedang mencari solusi pembukuan dengan mudah dan tepat, metode ini merupakan pilihan yang paling tepat. Gunakan TallyPrime!

Memiliki rencana keuangan bisnis yang komprehensif ialah salah satu kewajiban bagi setiap bisnis di muka bumi ini. Sebab, jika perencanaan keuangan yang dimiliki suatu bisnis tidak memadai dan pendanaannya kurang tepat, maka bisnis bisa mengalami kegagalan yang maksimal.

Berikut beberapa manfaat yang dapat didapatkan dalam perencanaan keuangan bisnis:

  • Sebagai tolak ukur kemajuan atau perkembangan bisnis.
  • Mengalokasikan keuangan perusahaan atau bisnis secara maksimal.
  • Jembatan untuk meningkatkan produktivitas dari suatu bisnis atau perusahaan.

 

Demikian beberapa tips mengelola keuangan bisnis secara efisien dan manfaat merencanakan keuangan bisnis dengan baik. Tips-tips yang ada di atas ini merupakan langkah-langkah yang sederhana namun bisa dibilang cukup krusial dalam mengelola keuangan bisnis. Pelaku usaha memang sudah sewajarnya untuk merencanakan strategi keuangan yang efektif guna memacu perkembangan usaha. Jika masih merasa kesulitan dalam pengelolaan keuangan bisnis, Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahlinya, PT Business Intelligence Technologies (B.I.T), dalam rangka pengadaan solusi TallyPrime agar dapat mempermudah proses bisnis dalam kesehariannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *